Menlu AS: Ada kemajuan dalam perundingan damai Palestina-Israel

Kamis, 05 Desember 2013 - 22:35 WIB
Menlu AS: Ada kemajuan...
Menlu AS: Ada kemajuan dalam perundingan damai Palestina-Israel
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, mengatakan di Yerusalem, Kamis (5/12/2013), bahwa meskipun ada laporan yang bernada pesimis soal perundingan damai Palestina-Israel, namun tetap ada "beberapa kemajuan" dalam pembicaraan damai itu.

Kerry menyatakan hal ini pada sebuah konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. "Saya percaya, kami membuat beberapa kemajuan dalam pembicaraan perdamaian Palestina-Israel," kata Kerry kepada wartawan pada konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua.

Meski begitu, sempat muncul laporan dari Palestina, bahwa tim negosiasi kedua negara belum pernah bertemu selama satu bulan terakhir, karena sikap Pemerintah Israel yang berencana membangun pemukiman baru di Tepi Barat.

Sementara Netanyahu mengatakan, bahwa semua perundingan ini dilakukan untuk menciptakan perdamaian bersejarah dengan Palestina yang didasarkan pada solusi dua negara. Namun, Netanyahu mengatakan, Israel harus mampu mempertahankan diri dan menyebut sisi Palestina menciptakan “krisis buatan”.

Dalam kesempatan ini, Kerry kembali menegaskan dukungan AS terhadap keamanan Israel. "AS sangat berkomitmen untuk keamanan Israel,” kata Kerry. Komentar ini mengacu pada tercapainya perjanjian antara Iran dengan kekuatan dunia yang tergabung dalam P5+1 soal program nuklir Iran.
“Keamanan Israel dalam pembicaraan dengan Iran adalah di bagian atas agenda kami. Kami akan waspada mengenai sanksi. Sanksi terhadap rezim tetap di tempat dan kami akan meningkatkan penegakannya," tambah Kerry.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)