Serangan bom tewaskan 8 warga Somalia

Kamis, 05 Desember 2013 - 20:27 WIB
Serangan bom tewaskan 8 warga Somalia
Serangan bom tewaskan 8 warga Somalia
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya delapan orang dilaporkan tewas akibat serangan bom mobil di Kota Pelabuhan Bossasso, wilayah utara Somalia, Kamis (5/12/2013). Sebuah wilayah yang menjadi tempat perlindungan yang aman bagi Shebab, kelompok pemberontak yang memiliki kaitan dengan jaringan teroris internasional al-Qaeda, situasi di sana memanas jelang pemilu parlemen dan presiden 8 Januari mendatang.

"Sebuah mobil yang mengangkut bom menabrakan sebuah kendaraan pasukan keamanan dan meledak dengan seketika," ungkap Abdullahi Said, seorang perwira polisi di Pelabuhan Bossasso kepada AFP.

"Sejauh ini kami dapat menkonfirmasi bahwa korban tewas berjumlah 8 orang, tetapi jumlah tersebut dapat terus bertambah. Sebab, banyak orang yang terluka harus dilarikan ke rumah sakit," imbuh Said.

Saiid mengatakan, serangan bom itu terjadi dekat sebuah pasar yang sibuk di Kota Pelabuhan Bossasso, pelabuhan utama di wilayah utara Somalia yang berada di wilayah Pantai Teluk Aden.

Hingga berita ini diturunkan belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini. Diduga serangan ini dilakukan oleh para pejuang Shebab, yang sering melancarkan serangan di wilayah pegunungan Golis, di sisi barat Kota Pelabuhan Bossasso.

Wilayah Golis adalah wilayah tanpa hukum yang sejak lama berada di bawah kendali panglima perang, sekutu Shebab, Mohamed Said Atom, oknum yang telah dijatuhkan sanksi oleh PBB karena aksi penculikan , pembajakan dan terorisme.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5805 seconds (0.1#10.140)