Serangan bom di perayaan Asyura tewaskan 29 pengikut Syiah

Kamis, 14 November 2013 - 19:51 WIB
Serangan bom di perayaan Asyura tewaskan 29 pengikut Syiah
Serangan bom di perayaan Asyura tewaskan 29 pengikut Syiah
A A A
Sindonews.com - Seorang pelaku bom bunuh diri melancarkan serangan tengah tengah peringatakan Hari Asyura di sisi timur Provinsi Diyala,, Irak. Kamis (14/11/2013). Demikian diungkapkan, sebuah sumber kepolisian Provinsi Diyala kepada Xinhua.

"Berdasarkan laporan terbaru, sebanyak 29 jamaah tewas sementara 60 orang lainnya menderita luka-luka dalam sebuah serangan bom bunuh diri," ungkap sumber kepolisian Provinsi Diyala dalam kondisi anonim.

Sumber itu mengatakan, pelaku bom bunuh diri menggunakan rompi bom bunuh diri kemudiah menyelinap ke tengah kerumuman para pengukut Syiah yang sedang memperingati Hari Asyura di sebuah desa dekat Kota Sa'diyah, 120 km dari timur Ibu Kota Baghdad.

Ahmed al-Zarkoushi, Walikota Sa'diyah, membenarkan jumlah korban tewas kepada Xinhua. "Pelaku bom bunuh diri adalah seorang pemuda yang menyamar dengan menggunakan seragam polisi," ungkap Zarkoushi.

Sebelumnya, masih di hari yang sama tiga orang peziarah Irak tewas sementara 14 orang lainnya menderita luka-luka akibat ledakan sebuah bom yang ditanam di pinggir jalan. Para peziarah Syiah tersebut dalam perjalanan menuju ke Kota Karbala, sekitar 110 km selatan Baghdad.

Hari ini jutaan peziarah Syiah dari dalam dan luar negeri berkumpul di Karbala untuk mengikuti peringatan Hari Asyura, yang menandai wafatnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad di dekat Karbala oleh pasukan kalifah Yazid tahun 680 sesudah Masehi.

Peringatan itu telah menjadi tradisi tahunan bagi pengikut Syiah dan diselenggarkan di Karbala, yang menjadi lokasi jenazah Hussein dimakamkan.

Gerilyawan Irak sering menyerang peziarah Syiah yang melakukan peringatakan di sejumlah kota di Irak. Serangan itu telah membunuh dan melukai ratusan peziarah. Hal itu dilakukan untuk memprovokasi perselisihan sektarian di Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3486 seconds (0.1#10.140)