Jelang peringatan Asyura, 7 peziarah Syiah Irak tewas dibom

Rabu, 13 November 2013 - 16:43 WIB
Jelang peringatan Asyura, 7 peziarah Syiah Irak tewas dibom
Jelang peringatan Asyura, 7 peziarah Syiah Irak tewas dibom
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya tujuh peziarah Syiah Irak tewas, sementara 15 orang lainnya menderita luka-luka setelah sebuah bom meledak di dekat lokasi di mana mereka akan menggelar peringatan Hari Asyura di Provinsi Diyala, wilayah timur Irak, Rabu (13/11/2013). Demikian diungkapkan sumber kepolisian Provinsi Diyala.

Sumber kepolisian Irak mengatakan, dalam waktu yang bersamaan tiga buah bom yang ditanam di pinggir jalan dan secara sengaja menargertkan para peziarah Syiah, meledak di Ibu Kota Baquba, Provinsi Diyala. Para peziarah Syiah tersebut dalam perjalanan untuk menghadiri puncak peringatakan Hari Asyura yang jatuh pada Kamis (13/11/2013) besok.

Peringatan Hari Asyura menandai wafatnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad di dekat Karbala oleh pasukan kalifah Yazid tahun 680 sesudah Masehi. Peringatan itu telah menjadi tradisi tahunan bagi pengikut Syiah dan diselenggarkan di Karbala, 100km selatan Ibu Kota Baghdad, tempat jenazah Hussein dimakamkan.

Dari lokasi berbeda, di Provinsi Salahudin, 170 km dari utara Ibu Kota Baghdad, seorang pelaku bom bunuh diri sukses menyerang aparat kepolisian Irak. Menurut laporan seorang polisi Irak, 10 orang tewas, sementara dua orang lainnya menderita luka-luka akibat sebuah ledakan bom bunuh diri.

"Serangan bom bunuh diri itu terjadi Rabu pagi. Seorang pengemudi truk yang berisi bahan peledak meledakan truk yang mereka tumpangi di dekat pos pemeriksaan polisi di pintu masuk Kota Alam. Dua dari sepuluh korban tewas adalah aparat kepolisian Irak," ungkap sumber kepolisian Irak kepada Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5450 seconds (0.1#10.140)