Iran izinkan IAEA kunjungi tambang uranium

Selasa, 12 November 2013 - 03:38 WIB
Iran izinkan IAEA kunjungi tambang uranium
Iran izinkan IAEA kunjungi tambang uranium
A A A
Sindonews.com – Menurut sebuah kesepakatan yang dijalin antara Iran dan IAEA, Senin (11/11/2013), Iran akan mengizinkan inspektur Badan Pengawas Nuklir PBB itu untuk mengunjungi tambang uranium dan air berat (air dengan kadar deuterum tinggi) Gachin.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Kepala Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi dan Kepala IAEA Yukiya Amano. Salehi mengatakan, perjanjian itu adalah road map yang menjelaskan langkah-langkah bersama untuk menyelesaikan masalah yang tersisa, yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan IAEA tentang kegiatan nuklir Iran.

“Dalam perjanjian tersebut, Iran mengumumkan kesiapannya untuk secara sukarela mengizinkan inspektur IAEA mengunjungi tambang uranium dan air berat Gachin yang terletak di selatan Iran,” kata Salehi, seperti dikutip dari kantor berita ISNA.

"Ini menunjukkan fleksibilitas Iran (dalam usahanya) untuk menutup kasus dengan IAEA dan semua alasan yang digunakan oleh beberapa orang untuk menghambat kemajuan pekerjaan (isu nuklir)," tambah Salehi.

Sementara Amano mengatakan, “Atas dasar perjanjian antara Iran dan IAEA ini, kerjasama yang lebih akan dilakukan untuk mengungkapkan kebenaran dan banyak pekerjaan serius yang diperlukan untuk dilakukan dalam waktu tiga bulan, yang dimulai dari hari ini."

"Dalam perjanjian ini, beberapa poin yang tidak disebutkan dalam laporan kami sebelumnya, kini telah disebutkan. Dan, saya menekankan, bahwa IAEA akan menyelesaikan masalah yang tersisa dengan semangat tinggi dan melalui kerja sama," tambah Amano.

Amano tiba di Teheran pada awal pekan ini untuk melakukan pembicaraan dengan Iran, setelah Republik Islam Iran dan enam kekuatan dunia gagal mencapai kesepakatan dalam pembicaraan mereka di Jenewa pada akhir pekan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5151 seconds (0.1#10.140)