Marty: BDF bagian arsitektur kawasan yang demokratis

Kamis, 07 November 2013 - 20:53 WIB
Marty: BDF bagian arsitektur kawasan yang demokratis
Marty: BDF bagian arsitektur kawasan yang demokratis
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty M. Natalegawa mengatakan, Bali Democracy Forum (BDF) merupakan bagian dari arsitektur kawasan yang demokratis.

"Forum intergovernmental yang inklusif ini telah menjadi tempat berbagi pengalaman berbagai negara dalam pembangunan demokrasi," ungkap Marty dalam laporannya kepada Presiden RI, di depan 86 negara peserta BDF VI di BNDCC, Nusa Dua, Bali Kamis, (7/11/2013).

Marty mengatakan, Bali Democracy Forum telah bersinergi secara bersamaan dengan proses perubahan yang ada di kawasan. "Forum BDF adalah komplemen pencapaian Komunitas ASEAN, khususnya pada pilar Politik Keamanan, yang mana terus bergerak maju", jelas Menlu.

Marty lanjutkan, bahwa peran BDF bagi arsitektur di kawasan tidak terlepas dari Institute of Peace and Democracy sebagai badan pelaksananya, institut yang terletak di kampus Universitas Udayana. Menurutnya, Institute of Peace and Democracy telah berhasil menjadi tangan bagi BDF dalam menyebarkan nilai-nilai demokrasi di kawasan.

"IPD telah banyak menyelenggarakan dialog, workshop dan program pelatihan yang mempromosikan demokrasi dan tata pemerintahan yang baik," ungkap Marty. "Salah satunya, adalah kerja sama IPD, dalam kerangka berbagi pengalaman mengenai pemerintahan yang demokratis, dengan Pemerintah dan LSM di Myanmar," tutur Marty.

Tidak saja di wilayah ASEAN, IPD juga telah bekerjasama dengan pemerintah Tunisia dan Mesir dengan menyelenggarakan berbagai lokakarya terkait demokrasi. Mengakhiri pidatonya, Menlu RI berharap berbagai kerja sama kawasan ini dapat terus berkembang di masa depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5043 seconds (0.1#10.140)