Polisi Bahrain bubarkan demonstrasi kaum Syiah

Minggu, 13 Oktober 2013 - 03:04 WIB
Polisi Bahrain bubarkan demonstrasi kaum Syiah
Polisi Bahrain bubarkan demonstrasi kaum Syiah
A A A
Sindonews.com – Polisi anti huru-hara Bahrain menggunakan granat suara dan gas air mata untuk membubarkan ratusan pengunjuk rasa Syiah yang melakukan aksi di Pearl Square, Kota Manama, Sabtu (12/10/2013).

Aksi demonstrasi ini digelar satu hari setelah pemakaman seorang tahanan Syiah yang meninggal di rumah sakit. Para saksi mengatakan, beberapa pengunjuk rasa terluka ketika pasukan keamanan campur tangan, meskipun tidak diketahui secara pasti berapa jumlah korban terluka.

Seperti dilaporkan AFP, para demonstran meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintahan kaum Sunni di negara yang dihuni mayoritas Syiah. Pearl Square sendiri adalah pusat dari pergerakan musim semi Arab pada 2011 lalu, yang telah meruntuhkan sejumlah diktator di Timur Tengah.

Pada Agustus silam, Raja Hamad memutuskan hukuman bagi pelaku "aksi teror", yakni hukuman penjara 10 tahun. Jika serangan tersebut menimbulkan korban jiwa, hukuman bisa menjadi penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Menurut Federasi Internasional untuk Hak Asasi Manusia, sejak dua tahun bergulirnya aksi demonstrasi menentang pemerintah Bahrain, telah jatuh korban jiwa 89 orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6947 seconds (0.1#10.140)