Jerman terima ratusan pengungsi Suriah

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 16:39 WIB
Jerman terima ratusan pengungsi Suriah
Jerman terima ratusan pengungsi Suriah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Jerman telah menerima 106 pengungsi Suriah yang memutuskan meninggalkan Libanon dari Bandara Internasional Rafik Hariri menuju Berlin, Kamis (10/10/2013). Ratusan orang itu termasuk bagian dari program relokasi PBB pengungsi Suriah menuju sejumlah negara Barat.

"Sebanyak 106 pengungsi Suriah yang sebagian besar terdiri dari perempuan dan anak-anak telah diterbangkan ke Jerman, mereka diterima untuk tinggal sementara waktu di Jerman," ungkap Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi, Roberta Russa.

"Rencana itu merupakan bagian dari keputusan Pemerintah Jerman untuk menerima sebanyak 4.000 pengungsi Suriah selama dua tahun. Mereka akan diberi izin tinggal minimal selama dua tahun," terang Russa.

Russa melanjutkan, Pemerintah Jerman telah menerima 4.000 nama pengungsi Suriah yang telah dikumpulkan oleh Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi. Para pengungsi tersebut tidak diterima begitu saja, ada sejumlah kriteria kemanusiaan dari sisi individual atau kekeluargaan, kondisi kesehatan dan ikatan budaya.

Penerimaan ini bukan yang pertama bagi Jerman, September lalu lebih dari 100 pengungsi Suriah tiba di Jerman di bawah program relokasi Uni Eropa.
Seperti diketahui, lebih dari 2 juta warga Suriah meninggalkan mencari perlindungan ke Lebanon, Yordania dan Turki. Namun, PBB memperkirakan, jumlahnya itu bisa membengkak menjadi 3,5 juta pada akhir tahun 2013 ini.

Sebelumnya, Komisaris Tinggi PBB yang menangani masalah pengungsi telah sejumlah negara UE menawarkan suaka kepada 10.000 warga Suriah dan memberikan 2.000 orang yang sangat rentan. Menurut data, sejak awal konflik pecah di Suriah pada 2011 lalu, sekitar 50.000 warga Suriah ditetapkan telah mendapat perlindungan dimana sebagian besar dari mereka bermukim di Swedia dan Jerman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5685 seconds (0.1#10.140)