Polisi Yunani bekuk pentolan Golden Dawn

Sabtu, 28 September 2013 - 14:13 WIB
Polisi Yunani bekuk pentolan Golden Dawn
Polisi Yunani bekuk pentolan Golden Dawn
A A A
Sindonews.com - Polisi Yunani menangkap pemimpin partai sayap kanan Golden Dawn, Nikos Mihaloliakos, dan anggota parlemen dari partai itu. Mereka ditangkap, setelah publik Yunani marah atas kematian musisi anti-rasis, Pavlos Fyssas, 18 Sepetember 2013 lalu.

”Sekretaris Jenderal dan seorang anggota parlemen dari Golden Dawn ditangkap beberapa waktu yang lalu, setelah surat perintah penangkapan diterbitkan,” kata Kepolisian Yunani dalam pesan teks kepada wartawan, Sabtu (28/9/2013).

Mihaloliakos, ditangkap atas tuduhan membentuk sebuah organisasi kriminal. Sebelum ini, seorang pria ditangkap karena melakukan penikaman kepada Fyassas. Pria yang dicurigai neo-nazi itu kepada polisi mengaku sebagai loyalis Golden Dawn, meskipun partai itu menepisnya.

Pembunuhan terhadap Pavlos Fyssas, telah memicu protes besar di Athena dan di seluruh Yunani. Pemerintah melancarkan tindakan keras, termasuk serangan ke markas Golden Dawn dan simpatisan partai itu.

Kepolisian Yunani juga menyatakan, salah satu polisi juga ditangkap, karena diduga bekerja sebagai pengawal untuk kegiatan partai Golden Dawn. Pemerintah juga mulai melakukan penyelidikan terkait kegiatan Golden Dawn, yang meraih 7 persen suara dalam pemilu 2012.

Dalam beberapa bulan terakhir, Golden Dawn telah dituduh melakukan serangan terhadap migran dan lawan politiknya. Termasuk serangan terhadap anggota Partai Komunis awal bulan ini yang diklaim telah menewaskan sembilan orang di rumah sakit.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)