China gabung di tim pemeriksa & penghancuran senjata kimia Suriah

Selasa, 24 September 2013 - 19:49 WIB
China gabung di tim pemeriksa & penghancuran senjata kimia Suriah
China gabung di tim pemeriksa & penghancuran senjata kimia Suriah
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengungkapkan, Pemerintah China bersedia mengirim ahli untuk bergabung dengan tim yang terlibat dalam proses pemeriksaan dan penghancuran senjata kimia di Suriah. Demikian disampaikan Yi saat melakukan pembicaraan dengan Sekjen PBB, Ban Ki-moon di markas besar PBB di New York.

"China mendukung Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) untuk melaksanakan tugasnya secara obyektif, adil dan profesional," ungkap Yi.

"Yang terpenting saat ini bagi masyarakat internasional adalah secepat mungkin mencapai konsensus mengenai masalah ini, sebagai sebuah bentuk pesan persatuan," lanjut Yi.

Yi kemudian menekankan, bahwa penghancuran senjata kimia Suriah dan penyelesaian politik atas krisis internal tersebut harus terus maju dalam waktu yang bersamaan. Sebelumnya, Yi juga menyambut baik kesepakatan antara Amerika Serikat (AS) Rusia terkait penyerahan senjata kimia Suriah.

Ia meyakini, perjanjian ini mungkin akan meredakan ketegangan di Suriah. Seperti diketahui, pertengahan september lalu Menlu AS dan Rusia mencapai kesepakatan setelah tiga hari melakukan pembicaraan kesepakatan terkait penyerahan senjata kimia Suriah. Dalam kesepakatan itu terdapat enam poin kesepakatan yang dihasilkan dalam diplomasi yang berjalan tiga hari itu. Kedua pihak sepakat, senjata kimia Suriah harus dimusnahkan pada pertengahan 2014.

Namun, Suriah diwajibkan menyerahkan daftar lengkap stok senjata kimianya, hanya dalam waktu seminggu. Jika Suriah tidak memenuhi kesepakatan itu, maka resolusi PBB akan ditegakkan, yang di dalamnya termasuk soal ancaman sanksi atau penggunaan kekuatan militer.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6917 seconds (0.1#10.140)