Dalai Lama minta biksu Myanmar bersahabat dengan Muslim

Rabu, 18 September 2013 - 16:04 WIB
Dalai Lama minta biksu Myanmar bersahabat dengan Muslim
Dalai Lama minta biksu Myanmar bersahabat dengan Muslim
A A A
Sindonews.com -Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama meminta para biksu Myanmar bertingkah laku sesuai dengan prinsip-prinsip agama Budha. Salah satunya, dengan hidup berdampingan yang rukun dengan seluruh umat Islam di seluruh Myanmar.

"Para biksu Budha saat Anda semua membangun amarah kepada saudara-saudara Muslim, tolonglah agar mengingat ajaran Budhis," ungkap Dalai Lama usai menghadiri konferensi HAM tahunan di Ibu Kota Praha, Ceko, Selasa (18/9/2013).

"Saya yakin sikap tersebut akan melindungi saudara-saudara Muslim yang telah menjadi korban," lanjut Dalai Lama.

Dalam konferensi HAM tersebut, hadir pula Aung San Suu Kyi, ketua Liga Nasional Demokrasi Myanmar. Dia mengatakan konstitusi Myanmar harus berubah. " Masalah etnis di Myanamr tidak akan diselesaikan dengan konstitusi ini, sekarang. Sebab konstitusi yang ada, tidak memenuhi aspirasi etnis bangsa ini, " ungkap Suu Kyi.

Saat ini, sekitar 800 ribu Muslim Rohingya tinggal di sisi barat Negara Bagian Rakhine. Hak-hak kewarganegaraan mereka dirampas, karena kebijakan diskriminasi yang menolak hak kewarganegaraan mereka. Hal itu, membuat mereka dalam posisi yang rentan, dan menjadi korban tindak kekerasan, penganiayaan, dan pengusiran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6576 seconds (0.1#10.140)