11 militan PKK menyerah pada Pemerintah Turki

Selasa, 03 September 2013 - 20:04 WIB
11 militan PKK menyerah pada Pemerintah Turki
11 militan PKK menyerah pada Pemerintah Turki
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 11 anggota militan Partai Pekerja Kurdi (PKK) menyerahkan diri kepada otoritas Turki di wilayah tenggara. Demikian seperti dilansir Dogan, kantor berita swasta Turki, Selasa (3/9/2013).

Dogan melaporkan, anggota militan yang menyerahkan diri itu terdiri dari dua orang perempuan dan sembilan pria dari kamp PKK di wilayah utara Irak. Mereka menyerahkan diri kepada pasukan keamanan Turki di Habur, pintu perbatasan di Kota Silopi, Provinsi Sirnak. Belasan militan tersebut kemudian dikirim ke pos komando keamanan Turki di Silopi.

Penangkapan itu terjadi setelah Pemerintah Turki dan pemimpin PKK Abdullah Ocalan yang masih mendekam dipenjara memutuskan untuk menggelar perundingan damai pada Oktober 2012 lalu. Buntutnya, Maret lalu anggota PKK kemudian mengumumkan gencatan senjata dan menarik diri dari wilayah Turki dan kembali ke basis mereka di wilayah utara Irak.

Kemudian, pada awal Mei barulah gelombang pertama para pejuang PKK keluar dari wilayah Turki dan kembali ke benteng-benteng mereka di Irak utara. PKK, yang dimasukan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki dan beberapa negara lain, mengangkat senjata pada tahun 1984 dalam upaya untuk menciptakan wilayah otonomi di Turki tenggara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7240 seconds (0.1#10.140)