Teroris Salafi bunuh wartawan Iran

Rabu, 21 Agustus 2013 - 20:49 WIB
Teroris Salafi bunuh wartawan Iran
Teroris Salafi bunuh wartawan Iran
A A A
Sindonews.com - Hadi Baghbani, wartawan dan dokumenter Iran telah dibunuh oleh teroris Salafi yang didukung kekuatan asing di dekat ibukota Suriah, Damaskus, seperti dilansir Presstv, Rabu (21/8/2013).

Menurut laporan Presstv, Baghbani, dibunuh oleh para anggota Front al-Nusra yang memiliki kaitan dengan al-Qaeda di pinggiran kota Damaskus pada Selasa 20 Agustus kemarin. Baghbani kabarnya sedang melakukan dokumentasi untuk pembuatan film atas krisis yang masih berlangsung di Suriah.

Perwakilan Luar Negeri Iran di Damaskus, Abbas Golrou, hari ini mengkonfirmasi kabar kematian Baghbani.Ini bukan pertama kalinya, anggota media diserang oleh militan yang disponsori asing di Suriah.

Sebelumnya, koresponden Presstv dari Iran, Maya Naser tewas ditembak oleh militan saat melaporkan siaran langsung pada 26 September 2012. Sementara rekanya, Hossein Mortada selamat dari luka tembak.

Pemberontak seringkali melancarkan aksi pembunuhan dan penculikan para wartawan yang disinyalir mendukung pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Asssd untuk mencegah pengungkapan informasi. Bulan lalu, Jurnalis TV Suriah, Basel Tawfiq Yussif juga tewas karena diserang pemberontak Suriah.

Menurut Institusi Pers Internasional (IPI) yang berbasis di Wina, Austria, sejak awal 2012, jumlah wartawan yang tewas saat meliput perang saudara di Suriah telah mencapai 36 orang. IPI mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan, fakta yang berkembang di lapangan semakin menghawatirkan. Pasalnya, kian hari jumlah wartawan yang dibunuh kian meningkat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5982 seconds (0.1#10.140)