Di mata Perancis, Indonesia adalah prioritas

Minggu, 04 Agustus 2013 - 15:26 WIB
Di mata Perancis, Indonesia adalah prioritas
Di mata Perancis, Indonesia adalah prioritas
A A A
Sindonews.com – Bagi Perancis, Indonesia adalah negara besar dan penting di kawasan. "Untuk itu, hubungan Perancis dengan Indonesia adalah prioritas". Demikian disampaikan Menlu Perancis, Laurent Fabius saat konferensi pers bersama Menlu RI, Marty Natalegawa di kantor Kemlu RI, Kamis (1/8/2013).
Walaupun ini merupakan kunjungan pertama Menlu Perancis sejak tahun 1996, namun kunjungan ini merupakan waktu yang tepat. "Kunjungan ini memiliki makna lebih dengan adanya Strategic Partnership kedua negara pada 2011 lalu," kata Marty, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI.

Tidak dapat dipungkiri, lanjut Marty, bahwa hubungan kedua negara menjadi semakin penting dari tahun ke tahun. Marty menegaskan, bahwa dalam pertemuan bilateral dengan Perancis, Indonesia ingin memberi makna pada hubungan bilateral yang lebih erat, utamanya di lima bidang.

Lima bidang yang dimaksud adalah ekonomi dan perdagangan, pendidikan, pertahanan dan keamanan, sosial budaya, serta pengurangan dampak perubahan iklim. Menurut Marty, ini merupakan upaya konkret guna memaksimalkan raihan atas elemen kerja sama sebagaimana tertuang dalam dokumen Joint Declaration on Strategic Partnership.

Selain itu, kedua Menlu juga bersepakat untuk meningkatkan upaya bersama dalam menghadapi tantangan regional dan global. Pertemuan bilateral ini juga telah menghasilkan Joint Statement kedua Menlu. Selain itu, sejumlah persetujuan kerja sama RI-Perancis juga telah ditandatangani pada kesempatan kunjungan Menlu Perancis kali ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4438 seconds (0.1#10.140)