Pantau Kongo, PBB kerahkan drone dari Italia

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 16:48 WIB
Pantau Kongo, PBB kerahkan drone dari Italia
Pantau Kongo, PBB kerahkan drone dari Italia
A A A
Sindonews.com - PBB mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sebuah drone (pesawat tak berawak) buatan perusahaan Italia untuk melakukan patroli di wilayah Kongo bagian timur, Kamis (1/8/2013) kemarin.

Pengumuman ini datang setelah ketegangan meningkat di Kota Goma, wilayah yang tengah dijaga dan ditetapkan sebagai zona bebas senjata oleh pasukan penjaga perdamaian PBB dan tentara Kongo.

Juru Bicara PBB, Martin Nesirky mengatakan, dalam beberapa pekan ke depan, drone yang disediakan oleh Selex ES, anak perusahaan Finmeccanica dari Italia, akan dikerahkan untuk melakukan pemantauan udara.

"Drone FALCO mampu terbang pada ketinggian menengah dan mampu membawa berbagai muatan, termasuk sensor dengan resolusi tinggi," terang Nesirky.

Kemampuan drone FALCO yang mampu membawa muatan, membuat beberapa negara khawatir. "Drone ini tidak dipersenjatai dan bertujuan memudahkan pasukan penjaga perdamaian PBB di Kongo untuk menjalani tugas memberikan perlindungan terhadap warga sipil agar lebih efisien," terang Nesirky.

Jika penggunaan drone ini sukses membantu meningkatkan keamanan di Kongo, maka juga dapat dikerahkan di wilayah perbatasan Rwanda dan Uganda, tidak tertutup kemungkinan digunakan di Sudan Selatan dan Pantai Gading.

Selama lebih dari satu tahun, pasukan perdamaian PBB telah membantu tentara Kongo untuk mengatasi serangan yang dilancarkan oleh pemberontak M23. Keberadaan pemberontak M23 di Kongo telah menjadi ancaman terbesar dalam pemerintahan Presiden Kongo, Joseph Kabila.

Pemberontak M23, yang sebagian besar berasal dari suku Tutsi, memulai pemberontakan pada November tahun lalu di sebelah timur Kongo dan kabarnya didukung oleh Pemerintah Rwanda. Kongo dikenal sebagai daerah yang kaya akan mineral, namun mengalami instabilitas keamanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)