Reaktor nuklir Fukushima semburkan uap

Kamis, 18 Juli 2013 - 13:26 WIB
Reaktor nuklir Fukushima semburkan uap
Reaktor nuklir Fukushima semburkan uap
A A A
Sindonews.com - Tokyo Electric Power Co (Tepco), perusahaan yang mengelola reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, menyatakan, reaktor nuklir yang rusak karena dihantam gempa dan tsunami, menyemburkan uap pada Kamis (18/7/2013). Namun, perusahaan itu mengklaim tingkat radiasi masih stabil.

Dalam tayangan video, sejumlah uap berskala kecil keluar dari reaktor nuklir. Tepco, mengatakan sampai saat ini telah menguras kolam bahan bakar reaktor nuklir sampai suhunya tidak mengalami perubahan secara signifikan.

”Para pekerja terus menyuntikkan air ke dalam reaktor nuklir nomor tiga untuk mendinginkannya,” tulis Fox News, mengutip pernyataan Tepco.

Reaktor nuklir nomor tiga adalah satu dari tiga reaktor nuklir di Fukushima yang mengalami kebocoran, setelah gempa bumi dan tsunami 2011.

Kebocoran itu menimbulkan kecemasan akan bencana nuklir terburuk di dunia sejak tragedi kebocoran nuklir melanda Chernobyl pada tahun 1986. Ribuan orang telah mampu kembali ke rumah mereka di dekat pabrik, meski tingkat radiasi nuklir masih tinggi.

Sementara, sebagian besar reaktor nuklir Jepang tetap ditutup untuk pemeriksaan keamanan setelah terjadi bencana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6998 seconds (0.1#10.140)