Turki kutuk pembunuhan 35 aktivis Mesir

Senin, 08 Juli 2013 - 19:24 WIB
Turki kutuk pembunuhan 35 aktivis Mesir
Turki kutuk pembunuhan 35 aktivis Mesir
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar negeri Turki, Ahmet Davutoglu mengecam aksi pembunuhan terhadap 35 aktivis di Mesir yang berdemonstrasi menentang kudeta militer terhadap Presiden Mohammed Morsi.

"Saya sangat mengutuk pembataian selama salat subuh dan atas dasar agama dan nilai-nilai dasar kemanusiaan yang kita telah bela," ungkap Davutoglu dalam akun Twitter-nya. Davutoglu kemudian menyerukan proses normalisasi di Mesir dan menghormati kehendak rakyat Mesir.

"Mesir adalah harapan untuk peningkatan demokrasi di kawasan Timur Tengah, sementara Turki akan selalu memiliki rasa solidaritas dengan rakyat Mesir," ungkap Davutoglu.

Pihak Ikhawanul Muslimin hari ini mengatakan, bahwa para pendukung Morsi Itu tewas dibunuh oleh pasukan keamanan saat melakukan salat Subuh. Kelompok politik Islam, Partai Kebebasan dan Keadilan, menyerukan warga Mesir untuk melakukan pemberontakan terhadap mereka yang berusaha mencuri revolusi Mesir dengan menggunakan tank.

Tiga hari yang lalu, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengutuk intervensi militer di Mosir. Menurutnya, kudeta militer terhadap Morsi mencermikan sikap yang anti-demokrasi. Dalam kesempatan itu, Erdogan juga mengecam Barat karena gagal dan tidak menyebut aksi yang dilakukan oleh militer terhadap Morsi sebagai bentuk kudeta militer.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5044 seconds (0.1#10.140)