17 anggota Taliban Afghanistan menyerah

Rabu, 26 Juni 2013 - 23:56 WIB
17 anggota Taliban Afghanistan menyerah
17 anggota Taliban Afghanistan menyerah
A A A
Sindonews.com – Tujuh belas anggota Taliban menyerah di provinsi Herat, sebelah barat Afghanistan, Rabu (26/6/2013). Ini adalah langkah penyerahan diri lanjutan yang dilakukan Taliban. Sebelumnya, telah beberapa kali anggota Taliban meletakan senjata mereka.

"Sekitar 17 anggota Taliban memutuskan meninggalkan kekerasan dan bergabung dengan pemerintah di Herat pada Rabu pagi. Mereka juga menyerahkan senjata mereka kepada aparat keamanan," kata Wakil Gubernur Provinsi Herat, Asil-u-Din Jamah, pada Xinhua.

Ia mengatakan, mantan militan ini sebelumnya aktif di Kushki Kuhna dan Distrik Kushk, 640 km sebelah barat dari Ibu Kota Afghanistan, Kabul. “Dengan menyerahnya mantan pemberontak, perdamaian dan stabilitas akan lebih diperkuat di beberapa bagian dari Provinsi Herat,” lanjut Jamah.

Gerilyawan Taliban yang selama ini memerangi pasukan Afghanistan dan pasukan asing yang dipimpin NATO, belum membuat komentar apapun soal penyerahan diri aggota mereka ini. Pada musim panas 2010, Pemerintah Afghanistan membentuk Dewan Tinggi Perdamaian yang beranggotakan 70 personel untuk mendorong Taliban melucuti senjata dan menyerah pada pemerintah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5251 seconds (0.1#10.140)