Demo petani di Kolombia, 2 tewas, 12 terluka

Senin, 24 Juni 2013 - 10:01 WIB
Demo petani di Kolombia, 2 tewas, 12 terluka
Demo petani di Kolombia, 2 tewas, 12 terluka
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya dua orang tewas dan 12 lainnya terluka dalam protes petani di timur laut Kolombia, dekat perbatasan dengan Venezuela. Demikian dilansir Xinhua Senin (24/6/2013).

Para petani dari zona Catatumbo, di wilayah timur laut Norte de Santader, memblokir jalan raya dan melakukan penjarahan di sebuah kantor lembaga resmi pada Sabtu (22/6/2013). Mereka menuntut pemerintah untuk memberikan zona reservasi petani dan untuk menangguhkan pemberantasan tanaman koka dan poppy.

”Ada dua orang tewas. Salah satunya adalah dari kota tetangga, Convencion,” kata Direktur Keamanan Warga Kepolisian Nasional Kolombia, Rodolfo Palomino.

Palomino mengatakan, dua orang tewas setelah terjadi bentrokan di dekat Bandara Tibu. Sedangkan enam warga sipil dan enam polisi terluka. ”Warga sipil terluka, karena alat peledak, seperti bom molotov dan perangkat lain yang mereka gunakan selama bentrok melawan Esmad (polisi anti huru-hara),” ujar Palomino.

Pada Jumat (21/6/2013), Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, mencatat, bahwa protes yang dilakukan ribuan petani di timur laut Kolombia telah disusupi oleh kelompok gerilyawan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC).

Tapi, ketua delegasi FARC dalam perundingan damai, Ivan Marquez, meminta pemerintah untuk mengakhiri kebrutalan polisi dalam menghadapi petani yang berdemo soal koka dan opium.

Para petani juga meminta pemerintah untuk menghentikan perusahaan asing yang mengeksploitasi karbon dan emas di kawasan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5570 seconds (0.1#10.140)