PM Palestina batal mundur

Sabtu, 22 Juni 2013 - 04:50 WIB
PM Palestina batal mundur
PM Palestina batal mundur
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah, pada Jumat (21/6/2013), menarik pernyataan pengunduran dirinya. Langkah ini dilakukan, satu hari setelah ia melayangkan pernyataan mundur dari jabatan PM Palestina yang baru dijabatnya selama dua pekan.

Menurut seorang pejabat senior Pemerintah Otoritas Palestina, Hamdallah batal mundur setelah melakukan pembicaraan selama dua jam dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. Sebelumnya, merebak isu, kalau Hamdallah mundur karena adanya "serangan terhadap kekuasaannya" dan campur tangan beberapa pihak.

"Hamdallah bertemu Abbas di kantor presiden di Ramallah dan memberitahu kepadanya bahwa ia telah memutuskan untuk menarik pengunduran dirinya," kata pejabat tersebut, yang meminta kondisi anonimitas, seperti dikutip dari Naharnet.

Menurut sumber yang dekat dengannya, Hamdallah marah dengan keputusan Abbas yang menunjuk dua Wakil Perdana Menteri dalam pemerintahan yang dibentuk Hamdallah. Hamdallah sendiri naik ke kursi Perdana Menteri, setelah PM terdahulu, Salam Fayyad, bertengkar dengan Presiden Abbas dan akhirnya meletakan jabatan PM.

"Hamdallah menginginkan kekuasaan yang jelas dan didefinisikan sebagai Perdana Menteri dan wakilnya, berdasarkan hukum. Sehingga, kekuasaannya tidak digerogoti," kata pejabat itu setelah pertemuan hari Jumat.

Pada Kamis malam, sebuah delegasi dikirim oleh Abbas ke rumah Hamdallah di Tulkarem, Tepi Barat bagian utara. Delegasi ini ditugaskan untuk mencoba membujuk Hamdallah agar membatalkan niatnya. Namun, upaya itu gagal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4195 seconds (0.1#10.140)