Bakal PM Pakistan kecam serangan drone AS

Sabtu, 01 Juni 2013 - 16:39 WIB
Bakal PM Pakistan kecam serangan drone AS
Bakal PM Pakistan kecam serangan drone AS
A A A
Sindonews.com – Bakal Perdana Menteri (PM) Pakistan, Nawaz Sharif, pada Jumat (31/5/2013) mengecam serangan drone atau serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) di wilayah Pakistan.

Menurut Sharif, serangan drone itu tak hanya melanggar kedaulatan Pakistan, tapi juga bertentangan dengan hukum internasional dan Piagam PBB. Pernyataan itu muncul, sehari setelah pihak Taliban Pakistan menarik tawaran gencatan senjata, sebagai reaksi atas serangan drone yang menewaskan pemimipin Taliban, Waliur Rehman, di Waziristan Utara, dekat perbatasan Afghanistan.

Serangan drone AS itu telah mencederai upaya Taliban yang tengah bernegosiasi untuk berdamai dengan pemerintahan yang baru. Padahal, upaya pembicaraan damai itu menjadi harapan untuk mengakhiri pemberontakan Taliban selama ini.

Rehman sendiri diyakini sebagai pendukung kuat perundingan damai tersebut. Sebelumnya, Sharif yang akan dilantik sebagai PM Pakistan untuk kali ketiga, menyatakan siap menyusun kebijakan untuk mengantisipasi serangan drone AS. Menurutnya, serangan pesawat nirawak itu justru menghambat upaya perdamaian.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5643 seconds (0.1#10.140)