PBB akan tambah 1.100 pasukan Penjaga Perdamaian di Abyei

Kamis, 30 Mei 2013 - 02:09 WIB
PBB akan tambah 1.100 pasukan Penjaga Perdamaian di Abyei
PBB akan tambah 1.100 pasukan Penjaga Perdamaian di Abyei
A A A
Sindonews.com – Dewan Keamanan (DK) PBB pada Rabu (29/5/2013), memutuskan untuk menambahkan lebih dari 1.100 tentara ke dalam tubuh pasukan Penjaga Perdamaian internasional di Abyei (UNISFA), wilayah yang terletak di perbatasan Sudan dan Sudan Selatan.

Penambahan pasukan ini dilakukan di tengah munculnya ketegangan baru antara Sudan dan Sudan Selatan atas wilayah tersebut. Bulan lalu, sempat terjadi aksi pembunuhan terhadap seorang pemimpin suku dan personel Penjaga Perdamaian dari Ethiopia.

Keputusan ini mendapatkan dukungan suara bulat dari seluruh anggota DK PBB. Sebelumnya, telah ada 4.200 personel yang memperkuat UNISFA, yang seluruhnya berasal dari Ethiopia.

Ban mengatakan dalam sebuah laporan baru-baru ini, bahwa ada kelompok yang bersaing di Abyei. “Mereka bersenjata, bermusuhan, dan sangat curiga satu sama lain," ujar Ki-moon. Menurutnya, pasukan tambahan dibutuhkan untuk menjaga perbatasan Abyei dan karena munculnya kelompok-kelompok bersenjata.

Sudan Selatan dan Sudan telah membantah kedaulatan Abyei, sejak kedua negara memisahkan diri pada Juli 2011. Rivalitas antara kelompok-kelompok yang setia kepada kedua belah pihak, telah secara teratur berubah menjadi bentrokan mematikan dan tentara Sudan menduduki banyak wilayah untuk sementara waktu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7195 seconds (0.1#10.140)