Perancis: 4.000 pejuang Hizbullah berperang di Suriah

Rabu, 29 Mei 2013 - 23:32 WIB
Perancis: 4.000 pejuang Hizbullah berperang di Suriah
Perancis: 4.000 pejuang Hizbullah berperang di Suriah
A A A
Sindonews.com – Dinas intelijen Perancis meyakini, ada sekitar 4.000 pejuang Hizbullah yang berperang di Suriah. Ribuan anggota Hizbullah ini bahu membahu dengan pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad untuk menumpas perlawanan kaum pemberontak.

“Sejauh ini, militan Hizbullah yang berada di medan perang berkisar pada angka 3.000 hingga 10 ribu. Perkiraan kami sendiri ada sekitar 3.000 hingga 4.000,” ujar Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius, Rabu (29/5/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Kehadiran militan Hizbullah di medan perang Suriah kian memperumit dan memperluas dampak perang saudara di Suriah yang sudah berlangsung selama dua tahun lebih itu. Kepala HAM PBB, Navi Pillay mengatakan, bahwa peningkatan dramatis Hizbullah dalam mendukung pasukan Pemerintah Suriah telah kian menyulut ketegangan regional di kawasan itu.

Hadirnya pejuang Hizbullah di sisi pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad telah menimbulkan petaka tersendiri bagi kondisi dalam negeri Libanon. Pemberontak Suriah dilaporkan telah menembakan sejumlah roket ke wilayah Hizbullah di Kota Beirut, Libanon.

Serangan ini terjadi beberapa jam setelah Hassan Nasrallah, Pemimpin Hizbullah menjanjikan kemenangan untuk melawan kelompok Salafi di Suriah. "Suriah adalah pelindung belakang perlawanan Hizbullah melawan Israel, pihak yang melakukan perlawanan tidak dapat tinggal diam saat penjaga belakang mereka terkena serangan," ungkap Nasrallah.


"Bodoh jika kami tidak bertindak," ungkap Nasrallah. "Saya katakan kepada semua orang, untuk para mujahid, untuk pahlawan, Saya menjanjikan kemenangan dan saya menjanjikan sesuatu yang baru di Suriah. Kami akan terus bertanggung jawab dan melakukan pengorbanan. Pertempuran ini adalah milik kita dan saya menjanjikan kemenangan," imbuh Nasrallah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7406 seconds (0.1#10.140)
pixels