Al-Qaeda akui punya hubungan dengan Front Al-Nusra

Selasa, 09 April 2013 - 21:33 WIB
Al-Qaeda akui punya hubungan dengan Front Al-Nusra
Al-Qaeda akui punya hubungan dengan Front Al-Nusra
A A A
Sindonews.com – Untuk pertama kalinya Al-Qaeda Irak mengaku memiliki hubungan dengan salah satu unit tempur pemberontak Suriah, Front Al-Nusra. Pengakuan ini disampaikan oleh pemimpin Al-Qaeda di Irak, Abu Bakr al-Baghdadi.

Pesan audio al-Baghdadi diposting di forum jihad dan telah mengkonfirmasi kecurigaan luas selama ini soal hubungan antara dua kelompok militan itu. Para pengamat telah lama mencurigai, bahwa Front al-Nusra depan menerima dukungan dari gerilyawan Al Qaeda di Irak.

“Sudah saatnya untuk menyatakan kepada kepada dunia, bahwa Front Al-Nusra adalah sebuah cabang dari Negara Islam Irak," kata Baghdadi dalam pesan audio tersebut, Selasa (9/4/2013).

Kelompok ini telah mengaku bertanggung jawab atas pemboman mematikan di Damaskus dan Aleppo. Front al-Nusra juga bahu membahu dengan kelompok pemberontak Suriah lainnya untuk menggulingkan rezim pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Baghdadi mengatakan kelompok itu bersedia bersekutu dengan kelompok lain. “Dengan syarat, bahwa negara dan warga negaranya diatur sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Allah," ujarnya.

Menurut sejumlah laporan di forum internet yang digunakan oleh para pelaku jihad menunjukkan, ratusan militan telah melakukan perjalanan dari Irak ke Suriah untuk melawan rezim Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5115 seconds (0.1#10.140)