Kemenhan Korsel: Tak ada tanda-tanda tes nuklir Korut

Senin, 08 April 2013 - 23:27 WIB
Kemenhan Korsel: Tak...
Kemenhan Korsel: Tak ada tanda-tanda tes nuklir Korut
A A A
Sindonews.com – Hingga kini, tidak ada tanda-tanda Korea Utara (Korut) akan melaksanakan uji coba nuklir ke empat mereka. Demikian disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel), Senin (8/4/2013).

"Tidak ada tanda-tanda Korea Utara akan melakukan tes nuklir lain," kata seorang pejabat di Kementerian Pertahanan Nasional Korsel melalui telepon kepada kantor berita Xinhua. Dia mengatakan, gerakan dekat situs uji coba nuklir Korut dapat dinyatakan sebagai "aktivitas normal."

Sebelumnya pada Senin pagi, Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-jae mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa terlihat tanda-tanda Korut akan kembali melakukan tes nuklir. "Saya hanya bisa mengatakan, bahwa ada tanda-tanda seperti itu (tes nuklir Korut)," kata Kihl-jae.

Pernyataan Kihl-jae ini menjawab kecurigaan, bahwa ada peningkatan pergerakan personil dan kendaraan di dekat kompleks tes nuklir Punggye-ri, di Provinsi Hamgyong. Sebelumnya, Korut sudah tiga kali melakukan tes nuklir di kompleks ini.

Komentar Kihl-jae ini dibantah oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min-seok. “Kegiatan itu tak terlihat sebagai tanda-tanda akan dilakukannya tes nuklir,” tegas Min-seok. Sejak meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, banyak pejabat Korsel yang memberikan komentar berbeda soal perkembangan di Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9514 seconds (0.1#10.140)