30 pesawat militer ikut latihan perang gabungan AS-Filipina

Kamis, 04 April 2013 - 21:54 WIB
30 pesawat militer ikut latihan perang gabungan AS-Filipina
30 pesawat militer ikut latihan perang gabungan AS-Filipina
A A A
Sindonews.com – Sekitar 30 pesawat militer dan 3 kapal laut milik Amerika Serikat (AS) dan Filipina dijadwalkan ikut latihan perang gabungan yang akan dilakukan di wilayah utara Filipina. Demikian dinyatakan oleh seorang Juru Bicara militer Filipina, Kolonel Arnulfo Burgos, Rabu (3/4/2013).

“Sekitar 20 pesawat militer AS akan ambil bagian. Pesawat-pesawat ini akan mendukung lebih dari 8.000 tentara AS dan Filipina dalam latihan perang “Balikatan 2013” selama dua pekan,” jelas Burgos. Menurutnya, latihan perang ini akan dimulai pada 5 April dan berakhir pada 17 April.

“Latihan militer ini akan dipusatkan di Central Luzon. Aset udara akan dikerahkan untuk mendukung operasi bantuan kemanusiaan gabungan pasukan AS dan Filipina,” lanjut Burgos.

Latihan perang Balikatan tahun ini dimaksudkan untuk mempersiapkan militer Filipina mengatasi bencana, seperti bencana badai yang baru-baru ini melanda Filipina dan menewaskan ribuan warga Filipina.

Dengan latihan perang gabungan ini diharap militer bisa kian mendukung pemerintah dengan pengembangan manajemen bencana regional dan mekanisme tanggap darurat.

Sejumlah pekabat militer dari Australia, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand diundang untuk berpartisipasi dalam Diskusi Keamanan Laut Multinasional di latihan perang gabungan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6443 seconds (0.1#10.140)