Protes konferensi anti-Iran, Kemenlu Iran panggil Dubes Azerbaijan

Senin, 01 April 2013 - 22:23 WIB
Protes konferensi anti-Iran, Kemenlu Iran panggil Dubes Azerbaijan
Protes konferensi anti-Iran, Kemenlu Iran panggil Dubes Azerbaijan
A A A
Sindonews.com – Kementerian Luar Negeri Iran memanggil Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Iran, Javanshir Akhundov, Senin (1/4/2013). Pemanggilan ini dilakukan untuk menyampaikan protes Iran atas penyelenggaraan konferensi anti-Iran yang digelar di Ibu Kota Azerbaijan, Baku.

“Deputi Menteri Luar Negeri Iran untuk Asia dan Oceania, Abbas Araqchi, menyampaikan protes Iran terhadap pemerintah Azerbaijan untuk kegagalan mengambil langkah yang tepat guna mencegah diselenggarakannya konferensi anti-Iran di Baku,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran, seperti dikutip dari IRNA.

"Di saat Iran telah membuat semua upaya untuk membantu mengkonsolidasikan hubungan bilateral, langkah tersebut dapat mengakibatkan pukulan serius bagi pengembangan hubungan kedua negara," sebut laporan IRNA, mengutip pernyataan Araqchi.

"Langkah ini hanya melayani kepentingan pendukung Israel dan melanggar perjanjian pada hubungan persahabatan antara kedua negara dan benar-benar tidak dapat diterima," lanjut Araqchi.

Sementara Akhundov menyatakan, pesan Teheran akan disampaikan ke Baku sesegera mungkin dan respon akan disampaikan kembali ke Kementerian Luar Negeri Iran.

Pada akhir pekan lalu, Kedutaan Besar Iran di Azerbaijan telah mengeluarkan kecaman keras atas terselenggaranya konferensi itu.

"Meskipun kebijakan Teheran adalah memperkuat hubungan bersahabat dengan Baku, menghormati kedaulatan Azerbaijan, dan tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri negara itu, beberapa elemen anti-Iran melakukan tindakan agresif dan ofensif di Azerbaijan dan telah membuat tuduhan tidak berdasar teritorial terhadap Republik Islam Iran," sebut laporan kantor berita Fars.

Pekan lalu, Konvensi Gerakan Pembebasan Nasional Azerbaijan Selatan diadakan di Baku dan beberapa peserta mengungkapkan pernyataan terhadap Republik Islam, sebut laporan Fars. Azerbaijan Selatan adalah istilah yang diciptakan oleh beberapa kelompok oposisi Iran yang ada di Azerbaijan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7635 seconds (0.1#10.140)