Pesawat militer AS jatuh & meledak di Washington

Selasa, 12 Maret 2013 - 14:42 WIB
Pesawat militer AS jatuh & meledak di Washington
Pesawat militer AS jatuh & meledak di Washington
A A A
Sindonews.com - Sebuah pesawat milik militer Amerika Serikat (AS) jatuh di Whidbey Island, Negara bagian Washington, Senin (11/3/2013). Pejabat Angatan Laut (AL) AS mengatakan, kecelakaan yang menimpa pesawat seri Northrop Grumman EA-6B Prowler itu menewaskan tiga awak pesawat.

Mike Welding, Juru Bicara dipangkalan AL di Lincoln mengatakan, sebelum jatuh, Northrop Grumman EA-6B Prowler yang memiliki mesin ganda sempat beberapa kali terbang rendah sebelum pukul 8.45 pagi waktu setempat.

Pesawat tersebut sedang melakukan misi latihan penerbangan rutin dan ditugaskan terbang ke stasiun AL. "Pesawat itu sedang terbang di luar sana. Saya tidak tahu persis apa penyebabnya. Semuanya masih sangat awal," ungkap Welding, seperti dilansir Reuters, Selasa (12/3/2013).

AL AS mengatakan, personelnya kini tengah melakukan penyelidikan di wilayah pendaratan, 50 km di sebelah timur Spokane, lokasi latihan rutin para tentara.

Pesawat Northrop Grumman EA-6B Prowler merupakan armada pendukung pasukan darat dan udara AS. Pesawat tersebut dapat mengganggu data elektronik taktis intelejen di wilayah tempur.

Stan Dammel, manajer bandara lokal yang ikut melakukan survei ke lokasi ledakan mengatakan, ada bekas hangus dari ledakan, sementara puing-puing pesawat berserakan. "Sebuah ledakan terjadi di sini," ungkap Dammel.

Jay Inslee, Gubernur Negara bagian Washington mengucapkan belasungkawa pada para awak yang tewas saat menjalani tugas. "Saya tahu, semua warga Washington bergabung bersama saya untuk mengucapkan belasungkawa pada kelurga tiga awak yang selama menjalankan tugas mempertaruhkan nyawa mereka dalam bahaya," ungkap kata Inslee dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4937 seconds (0.1#10.140)