AS tangkap anak angkat Osama di Yaman

Jum'at, 08 Maret 2013 - 17:39 WIB
AS tangkap anak angkat Osama di Yaman
AS tangkap anak angkat Osama di Yaman
A A A
Sindonews.com - Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan, Biro Investigasi Federal AS (FBI) telah menangkap Suleiman Abu Ghaith, anak angkat Osama bin Laden yang juga menjabat sebagai juru bicara al-Qaeda, Kamis (7/3/2013). Penangkapan tersebut terjadi setelah Ghaith di deportasi ke Yaman oleh pemerintah Turki.

Peter King, wakil AS untuk FBI dan CIA mengatakan, Ghaith sebelumnya ditangkap oleh pemerintah Turki atas tuduhan mencoba masuk ke dalam Turki dengan menggunakan paspor palsu. Pemerintah Turki lantas memutuskan untuk mendeportasi Ghaith ke Yordania.

Dia akhirnya ditangkap dalam sebuah operasi gabungan yang digelar oleh pemerintah Yaman dan AS. "Saya yakin, dia akan menerima interogasi yang sangat kuat dan pastinya akan menjalani proses pengadilan yang cepat," kata King, seperti dilansir dari RIA Novosti, Jumat (8/3/2013).

Ghaith lahir di Kuwait dan dia duduk di sebelah Osama, serta bertindak sebagai juru bicara Al Qaeda dalam sebuah video yang dirilis setelah serangan WTC, 11 September 2001 silam.

Dalam sebuah dakwaan, Ghaith dituding melakukan konspirasi dan akan membunuh warga AS yang tinggal di luar negeri. "Salah satu dakwaan berbunyi, Abu Ghaith mendesak orang lain bersumpah setia kepada Osama dan mendukung misi al-Qaeda, serta memperingatkan bahwa serangan seperti 11 September 2001 itu akan terus berlanjut," seperti tertulis dalam dakwaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6410 seconds (0.1#10.140)