Presiden Iran hadiri pemakaman Chavez

Jum'at, 08 Maret 2013 - 09:00 WIB
Presiden Iran hadiri pemakaman Chavez
Presiden Iran hadiri pemakaman Chavez
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dilaporkan melakukan perjalanan ke Ibu Kota Venezuela, Caracas pada Kamis (7/3/2013), untuk menghadiri pemakaman Presiden Venezuela Hugo Chavez. Demikian dilaporkan televisi Pemerintah Iran.

“Presiden Ahmadinejad akan segera meninggalkan Teheran menuju Venezuela untuk menghadiri pemakaman Chavez yang meninggal pada Selasa 5 Februari,” sebut laporan televisi Pemerintah Iran. Menurut rencana, Chavez akan dimakamkan pada Jumat (8/3/2013).

Ahmadinejad sendiri telah menyampaikan ucapan belasungkawa mendalam atas wafatnya Chavez. “Chavez telah melayani rakyat Venezuela dan membela nilai-nilai kemanusiaan dan revolusioner. Venezuela kehilangan pemimpin yang berani dan dunia kehilangan seorang pemimpin yang bijaksana dan revolusioner," ujar Ahmadinejad.

Iran juga telah menetapkan hari berkabung nasional pada Rabu 6 Februari, sebagai bentuk simpati atas wafatnya Chavez. Venezuela adalah sekutu utama Iran di kawasan Amerika Latin. Kedua negara diperkuat akan rasa permusuhan pada Amerika Serikat. Teheran dan Caracas telah menjalin hubungan ekonomi dan politik yang kuat.

Sejak menjadi penguasa Venezuela, Chavez tercatat telah mengunjungi Iran sebanyak 13 kali, sejak 1999 silam. Sementara Ahmadinejad sendiri telah enam kali melakukan kunjungan ke Venezuela, sejak menjadi Presiden Iran pada 2005.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5725 seconds (0.1#10.140)