Sultan Sulu nyatakan gencatan senjata sepihak

Kamis, 07 Maret 2013 - 16:44 WIB
Sultan Sulu nyatakan...
Sultan Sulu nyatakan gencatan senjata sepihak
A A A
Sindonews.com - Sultan Sulu secara sepihak telah mengumumkan gencatan senjata dalam konflik di Sabah dengan aparat Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Abraham Idjirani, yang memproklamirkan diri sebagai Juru Bicara Sulu Sultan Jamalul Kiram III, Kamis (7/3/2013), seperti dikutip dari rappler.

Menurut Idjirani, gencatan senjata dilakukan untuk menghindari pertumpahan darah lebih banyak dan kejahatan terhadap warga Filipina yang tinggal di negara bagian Malaysia Timur. “Para pengikut Sultan tidak akan mengambil tindakan apa pun dan akan tinggal di mana pun mereka berada sekarang,” ujar Idjirani.

Pernyataan gencatan senjata ini dikeluarkan beberapa jam setelah Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak semua pihak untuk mengakhiri kekerasan di Sabah. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Juru Bicaranya, Ki-moon mendesak semua pihak untuk mengakhiri kekerasan dan mendorong dialog antara semua pihak untuk penyelesaian damai.

Satu hari sebelumnya, Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengumumkan di Kuala Lumpur, bahwa pihaknya mereka telah menemukan mayat 13 pengikut Agbimuddin Kiram, adik Sultan Sulu. Kiram adalah sosok yang memimpin sekitar 200 loyalis Sulu untuk menduduki Desa Tanduao di Lahad Datu, Sabah.

Aparat Malaysia menyatakan, setelah dilakukan serangan udara dan darat, pasukan Malaysia berhasil menewaskan 32 loyalis Sulu. Sementara di pihak Malaysia jatuh 8 korban jiwa. Konflik ini telah mendorong warga sipil Filipina yang tinggal di Sabah untuk melarikan diri ke Filipina Selatan guna menghindari konflik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0373 seconds (0.1#10.140)