Ia akan dikenang karena keberaniannya

Rabu, 06 Maret 2013 - 19:27 WIB
Ia akan dikenang karena keberaniannya
Ia akan dikenang karena keberaniannya
A A A
Sindonews.com - Beberapa jam setelah Presiden Venezuela Hugo Chavez dikabarkan wafat, dunia bereaksi atas kematiannya. Ada yang sangat merasa kehilangan dan mengganggapnya pahlawan, namun ada juga yang mengatakan kematiannya sebagai sebuah kesempatan untuk melarikan diri dari bayangan-bayang pajang 14 tahun kepemimpinannya.

Berikut komentar sejumlah pemimpin dunia dan mantan pemimpin dunia tentang Chavez.

Presiden Kuba, Raul Castro
Kepergiannya menyisakan sebuah kesedihan mendalam dan menyiksa bagi rakyat Kuba dan pemerintah revolusioner Kuba harus belajar dari kematian Presiden Hugo Rafael Chavez Frias. Rakyat Kuba memandangnya sebagai salah satu tokoh yang paling menonjol.

Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad
Hugo Chavez adalah sebuah simbol dan dia telah mewariskan keberanian dan juga mengukir sejarah yang mulia bagi negara di Amerika Latin. Dia adalah sebuah manifestasi semangat kebebasan dari semua orang yang tertindas di negeri itu dan semua bangsa yang tertindas di seluruh dunia. Dia adalah sebuah bendera yang dikibarkan oleh pihak yang menentang penjajahan dan mencari keadilan. Di samping itu, dia juga bertindak sebagai pelopor persahabatan antar bangsa.

Presiden Argentina, Cristina Fernandez
Saya dan pemimpin negara tetangga, Presiden Uruguay Jose Mujica bersiap suntuk melakukan perjalanan ke Venezuela untuk menghadiri pemakamannya.

Mantan Presiden AS, Jimmy Carter
Dia akan selalu dikenang karena pernyataannya yang berani dan kegigihannya untuk kemandirian negara Amerika Latin. Kami mengenalnya sebagai pria yang mengungkapkan sebuah visi untuk membawa Venezuela ke dalam sebuah perubahan besar dan mendatangkan manfaat bagi semua warganya yang selama ini merasa terpinggirkan dan terabaikan. Meski kami tidak suka sengan caranya memimpin Venezuela, tapi kami tidak meragukan komitmen Hugo Chavez untuk meningkatkan taraf hidup jutaan warga Venezuela.

Presiden Ekudor, Rafael Correa
kami telah kehilangan seorang revolusioner. Tapi, sosoknya akan terus menginspirasi jutaan orang.

Presiden Rusia, Vladimir Putin
Dia adalah sosok ortodoks yang kuat. Dia memandang ke masa depan dan mengatur dirinya dengan standar hidup yang sangat tinggi. Saya yakin, rakyat Venezuela akan mampu mengatasi masa setelah kematian Chavez yang disebut sebagai "test" dan terus melanjutkan pembangunan yang kuat mandiri dan sejahtera.

Sekertaris Jendral PBB, Ban Ki-moon
Saya menyatakan turut berdukacita pasa semua rakyat dan keluarga atas kematian Presiden Venezuela Huga Chaves.

Presiden China, Hu Jintao
Saya mengucapkan turut berbelasungkawa atas kematian Presiden Venezuela, Hugo Chavez.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)