Pemerintah Kolombia buka pintu damai untuk FARC

Rabu, 06 Februari 2013 - 15:44 WIB
Pemerintah Kolombia buka pintu damai untuk FARC
Pemerintah Kolombia buka pintu damai untuk FARC
A A A
Sindonews.com - Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos mengatakan pemerintah Kolombia siap membuka pintu perdamaian dengan dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) tahun ini. Jika tawaran itu diterima maka akan menjadi akhir dari konflik bersenjata yang telah berlangsung selama setengah abad.

"Jika mereka memiliki kemauan, saya yakin tahun ini kita dapat mencapai perdamaian di Kolombia," ungkap kata Santos di sela-sela pertemuan pemimpin negara Amerika Latin di Bogota seperti dilansir Xinhua, Rabu (6/2/2013).

Presiden Santos telah mencoba menyudahi pemberontakan yang dilancarkan oleh FARC. Mereka mengajak FARC untuk membuang jauh kebencian untuk mempermudah mencari rekonsiliasi konflik.

"Bersatu, kita akan melakukan sesuatu yang lebih baik. Berpisah kita merana. Melancarkan perang itu lebih sulit dari pada menciptakan perdamaian," tutur Santos.

Sebelumnya, Pemerintah Kolombia dan FARC mencapai konsensus pada pembangunan pedesaan dalam sebuah pembicaraan damai. Dalam diskusi tentang kepemilikan tanah, disepakati harus diadakan dalam kerangka konstitusional dan adanya upaya untuk melindungi hak-hak properti tanah yang diperoleh secara legal.

Salah satu alasan utama munculnya pemberontakan yang dilakukan FARC adalah karena setengah dari lahan yang ada di Kolombia dikuasai oleh beberapa keluarga kaya di negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6868 seconds (0.1#10.140)