Polisi Perancis tangkap 4 militan Islam

Selasa, 05 Februari 2013 - 21:31 WIB
Polisi Perancis tangkap...
Polisi Perancis tangkap 4 militan Islam
A A A
Sindonews.com – Kepolisian Perancis menangkap empat orang yang diduga sebagai anggota militan Islam. Mereka ditangkap di dekat Kota Paris, Selasa (5/2/2013), sebagai bagian dari penyelidikan soal aktivitas perekrutan relawan oleh gerilyawan al Qaeda di Mali.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Perancis, Manuel Valls, seperti dikutip dari Reuters. "Ada operasi yang sedang berlangsung di wilayah Paris, yang dilakukan oleh Dinas Keamanan Domestik (DCRI). Penangkapan ini dilakukan setelah penangkapan seorang individu beberapa bulan lalu di perbatasan antara Mali dan Niger," kata Valls.

Penangkapan ini dilakukan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan terhadap serangan balas dendam yang mungkin terjadi pada kepentingan Perancis di dalam negeri maupun di luar negeri, terkait intervensi militer Perancis di Mali.

Hakim Anti-terorisme Marc Trevidic, yang bertanggung jawab atas operasi ini mengatakan kepada Reuters bulan lalu, bahwa aparat Perancis perlu berupaya lebih keras untuk menangkal kemungkinan ancaman dari militan Islam.

“Kepolisian lokal Perancis dan intelijen harus berupaya lebih baik dan berbagi informasi untuk menyusup ke kelompok-kelompok kecil radikal Islam radikal untuk melawan ancaman keamanan di wilayahnya,” ujar Trevidic.

Dia mengatakan, pemberontak yang merebut bagian utara Mali membuka jalan bagi serangan terhadap Perancis. Menurut sumber kepolisian, tiga dari empat orang yang ditangkap adalah warga keturunan Perancis-Kongo dan satu lagi warga adalah Mali.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)