Ahmadinejad cari cara untuk normalisasi hubungan dengan Mesir

Selasa, 05 Februari 2013 - 20:06 WIB
Ahmadinejad cari cara untuk normalisasi hubungan dengan Mesir
Ahmadinejad cari cara untuk normalisasi hubungan dengan Mesir
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, konvergensi persamaan antara Teheran dan Kairo bisa mengubah situasi kondisi di kawasan regional maupun internasional. Pernyataan itu dilontarkan Ahmadinejad sebelum berangkat ke Mesir.

Seusai rencana, Ahmadinejad dijadwalkan tiba di Mesir untuk menghadiri KTT OKI, Selasa (5/4/2013). "Jika konvergensi terbentuk antara Teheran dan Kairo atas isu-isu regional dan internasional, maka ada banyak yang akan direformasi," ungkap Ahmadinejad.

Ahmadinejad mengatakan, Iran dan Mesir adalah dua negara timur tengah yang memiliki peradaban besar dan juga memiliki pengaruh dalam politik dan sosial di kawasan regional maupun internasional.

"Selama berada di Mesir, saya akan mecoba menciptakan landasan untuk memperluas kerjasama bilateral antara Iran dan Mesir," ungkap Ahmadinejad seperti dilansir dalam Presstv.

Ahmadinejad berkeras, bahwa Iran dan Mesir harus mengambil sejumlah langkah untuk normalisasi hubungan di masa depan. Hubungan antara kedua negara rusak pasca Mesir menarik dukungan atas Iran saat negara Islam tersebut melakukan revolusi 1979 silam.

Situasi ini diperkeruh dengan perjanjian damai antara Mesir dan Israel. Namun, baik pemerintah Mesir maupun Iran berusaha saling rangkul setelah Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak terguling dalam kerusuhan 2011 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5502 seconds (0.1#10.140)