Bukan Israel Tapi Negara Ini yang Mempunyai Militer Terkuat di Timur Tengah

Minggu, 15 Januari 2023 - 13:45 WIB
loading...
Bukan Israel Tapi Negara Ini yang Mempunyai Militer Terkuat di Timur Tengah
Turki menjadi negara Timur Tengah dengan militer terkuat di Timur Tengah dan Afrika Utara. Foto/Middle East Monitor
A A A
ANKARA - Turki , Mesir , dan Iran menduduki tiga urutan teratas militer terkuat di Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Hal itu berdasarkan Peringkat Kekuatan Militer 2023 Global Fire Power yang diumumkan minggu ini.

Turki telah naik dua peringkat di peringkat global, memperlihatkan peningkatan warga negara yang tersedia untuk dinas militer, dan total personel militer sebanyak 755.000.

Sementara itu di bawah pemerintahan presiden otoriter Abd el-Fattah al-Sisi, Mesir telah menunjukkan pengeluaran militer - dengan tokoh-tokoh simpatik yang menempati peran kunci di seluruh ekonomi untuk memastikan pendanaan militer dipertahankan.



Sedangkan peringkat Iran masih jauh di atas rival regionalnya Arab Saudi.

Menariknya, ketiga negara itu semuanya berperingkat di atas Israel.

Dilansir dari New Arab, Minggu (15/1/2023), menurut indeks tersebut, Israel tetap berada di posisi ke-18 secara global, memiliki pengeluaran militer yang datar dan prajurit yang memenuhi syarat meskipun masih mempertahankan dinas militer yang ketat.

Global Fire Power menggunakan lebih dari 60 faktor untuk menghitung 'indeks kekuatan' negara mana pun dengan mempertimbangkan metrik konvensional kapasitas militer, serta kemajuan teknologi negara-negara kecil.



Di Afrika Utara, Aljazair tetap mendominasi pesaing regionalnya, berdiri di urutan ke-26 di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)