5 Negara Muslim dengan Kekuatan Mengerikan di Dunia

Sabtu, 05 November 2022 - 06:01 WIB
loading...
5 Negara Muslim dengan Kekuatan Mengerikan di Dunia
Pengangkut personel lapis baja (APC) Angkatan Darat Mesir berpatroli di jalan dekat El Gorah di timur laut Sinai. Foto/EPA
A A A
KAIRO - Negara-negara Muslim kebanyakan berada di Timur Tengah. Uniknya, negara-negara di kawasan Timur Tengah tersebut memiliki catatan dinamika konflik yang terus bergejolak.

Perhatian dunia pun tertuju pada kekuatan militer negara-negara tersebut. Lantas, negara Muslim mana saja yang hadir dengan kekuatan militer mengerikan? Berikut informasinya.

1. Mesir

Mesir menjadi salah satu negara muslim dengan kekuatan militer mengerikan di dunia. Melansir Forbes, Mesir memiliki setidaknya 438.500 personel aktif.

Tak heran, kekuatan militer Mesir tidak diragukan lagi. Negara ini semakin giat membangun sektor militernya sejak tahun 2013, ketika kekuasaan Presiden Abdel Fattah as-Sisi.

Selain gencar membeli senjata, Mesir juga giat mendiversifikasi sumbernya. Pada Mei 2021, Mesir menyepakati pembelian 30 jet tempur F3- R Rafale dengan Prancis.

Nilai pembeliannya disebutkan mencapai USD5 miliar. Dengan perjanjian itu, Mesir menunjukkan tren baru, di mana pembelian senjatanya tidak lagi bertumpu kepada Amerika Serikat (AS).

2. Iran

Kekuatan militer Iran menjadi yang cukup kuat dan menonjol di kawasan Timur Tengah. Negara Muslim ini memiliki 523 ribu personel militer aktif.

Namun, laman Newlines Institute menyebut, setidaknya ada 1 juta personel aktif dan cadangan yang dimiliki Iran.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3089 seconds (10.55#12.26)