India akui peran penting Indonesia

Rabu, 23 Januari 2013 - 00:54 WIB
India akui peran penting Indonesia
India akui peran penting Indonesia
A A A
Sindonews.com - Dubes RI untuk Republik India, Rizali Wilmar Indrakesuma menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Shri Pranab Mukherjee, di Ashoka Hall, Istana Presiden Rasthrapati Bhawan, India, Selasa (22/1/2013).

Seperti dikutip dari situs Kemenlu RI, dalam pembicaraan singkat dengan Rizali, Presiden Mukherjee menggarisbawahi pentingnya peran Indonesia dalam mempererat hubungan ASEAN-India. India, tuturnya, juga menyambut baik penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah KTT APEC dan Pertemuan Menteri Perdagangan WTO pada tahun 2013.

Rizali pun menegaskan kembali komitmen Pemerintah Indonesia untuk memelihara dan meningkatkan persahabatan dan kerja sama bilateral RI-India yang saat ini sudah sangat baik. Kedua negara juga berhasil meningkatkan profil bilateral melalui penandatanganan New Strategic Partnership RI-India pada 2005.

Untuk itu, Rizali menyatakan tekadnya untuk semakin meningkatkan kerjasama guna mencapai sasaran kemakmuran rakyat kedua negara. Bersama Rizali, tercatat 7 Duta Besar lainnya yang menyerahkan Surat-surat kepercayaan pada hari yang sama, yaitu Libya, Iran, Nigeria, Italia, Estonia, RRT dan Australia.

Namun, ada nuansa yang berbeda ketika bertemu dengan Rizali. Kesan keakraban muncul ketika Presiden Mukherjee sampaikan pesan khusus karena Rizali dipandang sebagai sosok yang sudah memahami India sejak lama.

“India bukanlah tempat yang asing bagi Anda,” tuturnya. Sebelum ditugaskan sebagai Duta Besar, Rizali pernah bertugas di India pada periode 2006-2009.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6957 seconds (0.1#10.140)