Indonesia-India Teken Kerjasama Keselamatan dan Keamanan Maritim

Selasa, 07 Juli 2020 - 19:14 WIB
loading...
Indonesia-India Teken Kerjasama Keselamatan dan Keamanan Maritim
Penjaga Pantai India dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia atau BAKAMLA meneken nota kesepahaman atau MoU Keselamatan dan Keamanan Maritim. Foto/Kedubes India
A A A
JAKARTA - Penjaga Pantai India dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia atau BAKAMLA meneken nota kesepahaman atau MoU Keselamatan dan Keamanan Maritim. Kesepakatan ini diteken dalam pertemuan yang berlangsung kemarin.

Menurut keterangan Kedutaan Besar India di Jakarta, yang diterima Sindonews pada Selasa (7/7/2020), India dan Indonesia secara historis terhubung melalui Samudra Hindia dan telah menjadi tekad kedua negara untuk memastikan jalur laut yang aman dan terlindungi bagi semua pelaut di wilayah ini.

( Baca juga: Gabung 2 Kapal Induk, Bomber B-52 AS Manuver di Laut China Selatan )

Hal ini, jelas kedubes India, diabadikan dalam visi Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi tentang Keamanan dan Pertumbuhan untuk Semua di Wilayah ini atau SAGAR.

"Hubungan India dan Indonesia ditingkatkan menjadi 'Kemitraan Strategis Komprehensif' pada Mei 2018 selama kunjungan PM India ke Indonesia. Fokus pada keamanan maritim ditegaskan kembali dengan Visi Bersama Kerjasama Maritim India-Indonesia di Indo-Pasifik. Langkah logis dari MoU antara kedua Coast Guard juga disusun pada tahap ini dan hari ini dengan MoU ini menjadi kenyataan, kami berharap akan kerjasama lebih lanjut dalam domain maritim," ucapnya.

"Sebagai tetangga maritim, percaya kepada Tindakan Berbasis Aturan dan menjunjung tinggi prinsip UNCLOS 1982, kami percaya bahwa MoU ini akan memperkuat kerjasama kita dengan menambah mekanisme pertukaran informasi kita," sambungnya.

( Baca juga: Waspada, Penyakit Tidak Menular Mengancam Usia Produktif )

Kesadaran Domain Maritim (MDA) ini, ujarnya, akan menjadi dasar untuk mengendalikan dan menanggapi insiden pembajakan, penyelundupan, perdagangan narkoba, migrasi ilegal dan kejahatan maritim lainnya yang akan membawa keselamatan, dan keamanan ke wilayah tersebut, dan juga menghasilkan perlindungan terhadap lingkungan laut.

"MoU juga akan menyediakan jalan untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas kita dan melakukan pencarian dan penyelamatan bersama saat dibutuhkan. Kami juga percaya bahwa terdapat ruang lingkup kerja sama dalam bekerja bersama menuju pengembangan kemampuan dan kapasitas dan berharap untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan di bidang minat kita bersama," tukasnya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1537 seconds (10.55#12.26)