Indonesia-India Teken Kerjasama Keselamatan dan Keamanan Maritim

Selasa, 07 Juli 2020 - 19:14 WIB
loading...
Indonesia-India Teken Kerjasama Keselamatan dan Keamanan Maritim
Penjaga Pantai India dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia atau BAKAMLA meneken nota kesepahaman atau MoU Keselamatan dan Keamanan Maritim. Foto/Kedubes India
A A A
JAKARTA - Penjaga Pantai India dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia atau BAKAMLA meneken nota kesepahaman atau MoU Keselamatan dan Keamanan Maritim. Kesepakatan ini diteken dalam pertemuan yang berlangsung kemarin.

Menurut keterangan Kedutaan Besar India di Jakarta, yang diterima Sindonews pada Selasa (7/7/2020), India dan Indonesia secara historis terhubung melalui Samudra Hindia dan telah menjadi tekad kedua negara untuk memastikan jalur laut yang aman dan terlindungi bagi semua pelaut di wilayah ini.

( Baca Juga: Baca juga: Waspada, Penyakit Tidak Menular Mengancam Usia Produktif
Kesadaran Domain Maritim (MDA) ini, ujarnya, akan menjadi dasar untuk mengendalikan dan menanggapi insiden pembajakan, penyelundupan, perdagangan narkoba, migrasi ilegal dan kejahatan maritim lainnya yang akan membawa keselamatan, dan keamanan ke wilayah tersebut, dan juga menghasilkan perlindungan terhadap lingkungan laut.

"MoU juga akan menyediakan jalan untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas kita dan melakukan pencarian dan penyelamatan bersama saat dibutuhkan. Kami juga percaya bahwa terdapat ruang lingkup kerja sama dalam bekerja bersama menuju pengembangan kemampuan dan kapasitas dan berharap untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan di bidang minat kita bersama," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)