Marty: Peranan AS di Asia kian meningkat

Rabu, 23 Januari 2013 - 00:49 WIB
Marty: Peranan AS di Asia kian meningkat
Marty: Peranan AS di Asia kian meningkat
A A A
Sindonews.com – Terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) untuk masa jabatan kedua, membawa dampak bagi kawasan Asia. Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, peranan AS kian meningkat di kawasan Asia pada periode kedua pemerintahan Obama ini.

“Selama Pemerintahan Obama, kita menyaksikan peningkatan peran dari AS di kawasan Asia Pasifik. Kami kira, kehadiran tersebut dilakukan sesuai dengan semangat kepemimpinan dari ASEAN,” ujar Marty di Istana Presiden RI, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Menurut Marty, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengirim surat pada Obama saat pemilu AS lalu dan mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Obama sebagai Presiden AS.

“Indonesia dan AS memiliki kemitraan komprehensif bilateral maupun juga dari segi kerja sama di kawasan. Harapan kita tentunya, hubungan yang baik antara kedua negara yang telah terjalin selama ini dapat semakin ditingkatkan,” lanjut Marty.

Dalam pidato di inagurasi pelantikannya, Obama pun menjanjikan aliansi yang kuat bagi seluruh negara di dunia ini dan mengutarakan komitmen AS untuk menjaga perdamaian dengan mencegah perang.

Selain itu, Obama turut bersumpah untuk mendukung demokratisasi di wilayah Asia hingga Afrika, serta dari Benua Amerika hingga ke Timur Tengah. Hal itu dipandang Obama sebagai kepentingan nasional AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)