Obama resmi dilantik untuk masa jabatan kedua

Senin, 21 Januari 2013 - 10:25 WIB
Obama resmi dilantik untuk masa jabatan kedua
Obama resmi dilantik untuk masa jabatan kedua
A A A
Sindonews.com - Barack Obama resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) untuk masa jabatan kedua, Minggu (20/1/2013) siang waktu setempat. Upacara pengambilan sumpah masa jabatan Obama berlangsung dengan hangat di Gedung Putih.

Dengan tangan bertumpu pada sebuah Alkitab pribadi milik keluarganya, Obama yang dikelilingi oleh semua anggota keluarga mengucapkan sumpah kepada Hakim Agung John Roberts. "Presiden berjanji untuk mendukung dan membela konsitusi AS," ucap Obama mengucapkan kata-kata sumpah yang sama seperti diungkapkan oleh 43 mantan Presiden AS sebelumnya.

Usai mengucapkan sumpah, Obama memeluk putri bungsunya Sasha. Obama lantas berbisik, "Aku telah melakukannya". Sasha pun membalas ucapana ayahnya, "Ayah, good job. Kau tidak mengacaukannya,"

Upacara pelantikan tersebut hanya dihadiri oleh lusinan anggota keluarga Obama, termasuk istri, dua orang anaknya, Malia dan Sasha, adik Obama (Maya Soetoro) dan kelurga, ibu Mertua Obama (Marian Robinson) dan adik ipar laki-laki Obama (Craig robinson) beserta keluarga, juga paa wartawan dan fotografer.

Dalam pelantikan kali ini, situasi di luar Gedung Putih lebih tenang dibanding empat tahun sebelumnya.Sebelumnya, ratusan ribu orang dengan sangat antusias menyambut presiden Afrika-Amerika pertama AS tersebut. Maklum, banyak warga AS berharap Obama akan membawa perubahan untuk melawan resesi ekonomi AS.

Rencananya, Obama akan mengulang ritual pembacaan sumpah presiden tersebut di Capitol Hill, di hadapan sekitar 800 ribu orang warga AS, Senin 21 Januari waktu setempat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)