China tuduh Jepang ciptakan ketegangan di pulau sengketa

Sabtu, 19 Januari 2013 - 10:00 WIB
China tuduh Jepang ciptakan ketegangan di pulau sengketa
China tuduh Jepang ciptakan ketegangan di pulau sengketa
A A A
Sindonews.com - Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China, pada Jumat (18/1/2013), menuduh Jepang sengaja menciptakan ketegangan di Kepulauan Diaoyu, yang saat ini masih disengketakan oleh kedua negara.

"Pihak Jepang terus mengambil tindakan negatif atas isu Kepulauan Diaoyu untuk jangka waktu yang lama dan terorganisir. Pesawat Angkatan Pertahanan Diri Jepang mengganggu penerbangan normal pesawat China," kata Hong Lei pada konferensi pers harian, seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

"Langkah-langkah tersebut, yang menyoroti implikasi militer dan menciptakan ketegangan, serta bertentangan dengan semangat, bahwa semua negara di kawasan ini harus menyelesaikan konflik melalui perundingan dama," lanjut Lei.

Dia mencatat, bahwa China dan Jepang telah mempertahankan kontak pada masalah ini dan bahwa Cina memegang sikap tegas pada menjaga kedaulatan teritorial.

"Kami berharap, pihak Jepang dapat bersikap tulus dan tenang, serta bekerja untuk tujuan bersama dengan China. Dengan demikian, bisa ditemukan cara untuk memecahkan dan mengelola masalah melalui konsultasi," tambahnya.

Hubungan antara Jepang dan Cina telah memburuk sejak pemerintah Jepang membeli bagian dari Kepulauan Diaoyu di Laut China Timur pada 2012. China menegaskan bahwa pulau-pulau adalah bagian dari wilayahnya sejak ratusan tahun lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7499 seconds (0.1#10.140)