Komandan pemberontak Suriah tewas ditembak

Jum'at, 11 Januari 2013 - 21:01 WIB
Komandan pemberontak Suriah tewas ditembak
Komandan pemberontak Suriah tewas ditembak
A A A
Sindonews.com - Thaer al-Waqqas, seorang komandan pemberontak dari Brigade al-Farouq diberitakan tewas ditembak mati oleh militer Suriah di Kota Sermin, sebuah wilayah yang terletak beberapa km dari perbatasan Turki, Rabu (9/1/2012).

"Para pembunuh datang menumpang sebuah mobil putih. Setelah turun dari mobil, mereka langsung menembak kepala Waqqas yang saat itu tengah berada di gudang suplai makanan," ungkap salah satu pemberontak, seperti diberitakann todayzaman, Jumat (11/1/2013).

Serangan ini mungkin serangan balasan. Pasalnya, seorang komandan militer Suriah di Kota Homs sempat bersumpah untuk membunuh Waqqas. Sebab, Waqqas dituding membunuh Firas al-Absi, pemimpin utama kelompok jihad Nusra Waqqas yang masih saudara dekat komandan militer Suriah tersebut.

Kelompok Farouq merasa ada sesuatu yang tidak wajar dibalik pembunuhan Absi, karena tidak ada anggota mereka yang mengaku telah melancarakan aksi tersebut.

Nusra, Farouq dan Ahrar al-Sham merupakan tiga organisasi pemberontak terbesar di utara Suriah. Kelompok pemberontak Suriah saat ini tengah menghadapi masalah persedian pangan, pembiayaan operasional, dan pengadaan senjata berat.

Selain itu, pemberontak juga menghadapi masalah perpecahan untuk mengusir pasukan militer Suriah. Sebagai kelompok pemberontak terbesar dan paling terorganisir di Suriah, Farouq juga khawatir disusupi oleh pemerintah Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)