Mahasiswa Serbia antusias pelajari bahasa China

Kamis, 03 Januari 2013 - 21:51 WIB
Mahasiswa Serbia antusias pelajari bahasa China
Mahasiswa Serbia antusias pelajari bahasa China
A A A
Sindonews.com - Investasi yang ditanamkan China di Serbia telah mempengaruhi minat mahasiswa di Serbia untuk memperlajari bahasa China. Hal ini diungkapkan oleh Asisten Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Serbia, Vesna Fila, Rabu (2/1/2013).

"Pilot proyek belajar bahasa China di sekolah-sekolah tinggi Serbia, diperkenalkan pada 2012 dan akan diperpanjang hingga 2013. Evaluasi dari inisiatif ini sedang berlangsung dengan bantuan Belgrade Confucius Institute dan Beijing Hanban," kata Fila seperti dikutip dari Xinhua.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 2.500 mahasiwa di 35 Sekolah Tinggi di Serbia yang belajar bahasa China. “Mahasiswa Serbia menunjukkan hasil yang sangat baik di kompetisi internasional dalam bahasa China,” lanjutnya.

Namun, kebanyakan dari mereka masih tetap tertarik menekuni bahasa Inggris dan sekitar 90 persen dari mereka telah mulai belajar di kelas pertama. Bahasa asing kedua diperkenalkan sejak kelas lima. Bahasa asing lain yang juga diminati adalah Perancis, Rusia, dan Jerman.

Bahasa asing yang diminati tergantung pada investasi yang dilakukan pada daerah tersebut. Di Kragujevac, kota terbesar ke empat di Serbia, bahasa Italia dipelajari oleh sekitar 3.000 siswa, setelah produsen otomotif Italia, Fiat menanam investasi di daerah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5670 seconds (0.1#10.140)