Pakistan setuju bebaskan sejumlah tahanan Taliban Afghanistan

Rabu, 14 November 2012 - 15:29 WIB
Pakistan setuju bebaskan sejumlah tahanan Taliban Afghanistan
Pakistan setuju bebaskan sejumlah tahanan Taliban Afghanistan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Pakistan telah menemukan kata sepakat dalam pembicaraan dengan negosiator perdamaian Afghanistan untuk membebaskan beberapa tahanan Taliban Afghanistan. Seperti dikutip dari the star, kesepakatan ini tercapai pada Rabu (14/11/2012).

Sikap Pakistan ini jadi sinyal jelas, kalau negara itu akan berada di belakang Afghanistan selama masa rekonsiliasi. Pemerintah Afghanistan sendiri telah lama mendesak Pakistan untuk membebaskan beberapa tahanan Taliban.

Para pejabat Afghanistan berharap, bahwa kontak langsung dengan komandan Taliban bisa memberi mereka pengaruh kuat dalam setiap pembicaraan damai. Para pejabat Afghanistan juga telah lama mendesak Pakistan agar memberikan akses ke para tahanan Taliban.

"Kami tidak terlalu yakin apakah mereka dapat memainkan peran penting dalam perundingan perdamaian. Tetapi, ini merupakan isyarat positif dari Pakistan dalam membantu upaya perdamaian," kata seorang pejabat Afghanistan kepada Reuters. Si pejabat belum bisa memastikan, kapan pembebasan tahanan Taliba itu akan dilakukan.

Seorang pejabat militer senior Pakistan mengatakan, belum bisa dipastikan apakah pemimpin tertinggi kedua Taliban Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Baradar juga akan dibebaskan. Para pejabat Afghanistan menyebut, Baradar masih disegani di kalangan Taliban dan bisa jadi kunci untuk mencapai perdamaian.

Pemerintah Afghanistan menganggap perdamaian dengan Taliban adalah cara terbaik untuk mencapai stabilitas di negara itu pasca ditarik mundurnya seluruh pasukan NATO pada 2014 mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)