Ancaman tsunami dicabut

Jum'at, 31 Agustus 2012 - 22:19 WIB
Ancaman tsunami dicabut
Ancaman tsunami dicabut
A A A
Sindonews.com - Ancaman tsunami yang dikeluarkan Pacific Tsunami Warning Center untuk wilayah Filipina, Indonesia, dan Belau dibatalkan. Ancaman tsunami terkait gempa berkekuatan 7,9 skala Ritcher yang mengguncang Filipina malam ini.

"Pacific Tsunami Warning Center telah mencabut peringatan tsunami untuk semua wilayah, termasuk Indonesia," tulis Posko BNPB adanya potensi tsunami level siaga di Sorong dan Raja Empat," diungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan elektroniknya kepada Sindonews, Jumat (31/8/2012).

Walau demikian pihak posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih melakukan pendataan di daerah yang terkena dampak gempa Filipina yang berskala sangat besar ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, gempa berkekuatan 7,9 skala Ritcher mengguncang Filipina pada pukul 19.74 WIB malam ini. Besarnya kekuatan gempa ini membuat Filipina terancam terkena tsunami, termasuk Indonesia.

Selain Filipina dan Indonesia, tsunami juga mengancam Belau. Gempa berkekuatan besar ini berada di koordinat 10.83 Lintang Utara, 126.68 Bujur Timur, dengan kedalaman 34 Km.

Tsunami diperkirakan berketinggian 0,5 meter di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat pada pukul 23.00 Wit.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5534 seconds (0.1#10.140)