Profil Lyndon Johnson, Presiden Amerika Serikat yang Memicu Perang Vietnam

Senin, 05 September 2022 - 16:31 WIB
loading...
Profil Lyndon Johnson, Presiden Amerika Serikat yang Memicu Perang Vietnam
Wakil Presiden AS Lyndon Baines Johnson (tengah) mengucapkan sumpah jabatan kepresidenan dari Hakim Sarah T Hughes (kedua dari kiri) saat janda ibu negara Presiden John F Kennedy Jacqueline Bouvier Kennedy (kedua dari kanan) berdiri di sisinya di atas Air
A A A
WASHINGTON - Lyndon Baines Johnson merupakan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-36 yang memerintah pada 2 November 1963 hingga 20 Januari 1969.

Sebelumnya, ia adalah Wakil Presiden yang mendampingi John F Kennedy sebelum kematian Kennedy pada tahun 1963.

Di masa pemerintahannya, Johnson memicu AS untuk berpartisipasi dalam perang Vietnam. Ia mengutus militer AS melakukan serangan udara ke Vietnam Utara pasca-peristiwa Teluk Tonkin pada tahun 1964.

Di akhir tahun 1964, pasukan AS yang bertempur di medan perang membludak hingga menyentuh angka 180 ribu orang. Jumlah tersebut meningkat 2 kali lipat pada tahun 1966.



Selama mengabdi menjadi presiden, pria kelahiran Texas, 27 Agustus 1908 itu memiliki visi “masyarakat hebat” untuk negaranya.

Bagi AS, Johnson adalah tokoh penting dalam menahan perambahan komunis di Vietnam.

Melansir laman resmi Gedung Putih, Johnson lahir di keluarga dengan tingkat ekonomi menengah di pedesaan Texas.



Ayahnya, Sam Ealy Johnson Jr, merupakan seorang pengusaha dan anggota dewan perwakilan Texas. Sementara ibunya, Rebekah Baines Johnson, adalah putri legislator bernama Joseph Baines.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)