Juni, Rusia Siap Uji Coba Vaksin COVID-19 pada Manusia

Rabu, 08 April 2020 - 14:53 WIB
Juni, Rusia Siap Uji Coba Vaksin COVID-19 pada Manusia
Juni, Rusia Siap Uji Coba Vaksin COVID-19 pada Manusia
A A A
MOSKOW - Rusia siap memulai pengujian vaksin virus Corona baru, COVID-19, pada bulan Juni mendatang. Hal itu dikatakan kepala pusat penelitian Rusia kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kepala Pusat Virologi dan Bioteknologi Negara Vektor, Rinat Maksyutov, mengatakan fasilitasnya mengusulkan uji klinis fase pertama dari tiga vaksin mulai 29 Juni. Uji klinis itu akan dilakukan kepada 180 sukarelawan.

Maksyutov berbicara selama pertemuan via video antara Putin dengan para kepala pusat penelitian terkemuka.

"Kelompok-kelompok sukarelawan telah dibentuk," katanya kepada Putin, menambahkan bahwa banyak orang ingin ambil bagian dalam uji coba tersebut

"Kami telah menerima lebih dari 300 aplikasi," ungkapnya seperti dikutip dari The Moscow Times, Rabu (8/4/2020).

Maksyutov mengatakan para ilmuwan di kompleks lab rahasia yang terletak di Koltsovo di luar kota Siberia Novosibirsk itu telah mengembangkan beberapa prototipe vaksin.

"Tes saat ini sedang dilakukan pada tikus, kelinci dan hewan lain untuk mengetahui prototipe vaksin yang paling menjanjikan pada 30 April," ujarnya.

"Laboratorium Vektor merencanakan studi pra-klinis sebelum 22 Juni sebelum meluncurkan pengujian pada manusia," Maksyutov menambahkan.

"Tetapi percobaan manusia pertama dapat dimulai pada bulan Mei jika Kementerian Kesehatan mengizinkannya," cetusnya.

Menurut Maksyutov, Vektor memiliki teknologi platform vaksin yang telah diuji pada manusia untuk infeksi lain dan dapat digunakan untuk virus Corona.

Kompleks laboratorium Vektor melakukan pusat penelitian senjata biologis rahasia di era Soviet dan menimbun virus mulai dari Ebola hingga cacar.

Rusia sendiri pada hari Selasa melaporkan 7.497 kasus virus Corona dan 58 kematian tetapi jumlah kasus infeksi yang sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3654 seconds (0.1#10.140)