Dituding 'Bajak' Masker untuk Jerman, Ini Kata AS

Senin, 06 April 2020 - 19:56 WIB
Dituding \Bajak\ Masker untuk Jerman, Ini Kata AS
Dituding 'Bajak' Masker untuk Jerman, Ini Kata AS
A A A
BANGKOK - Juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Thailand mengatakan, pihaknya tidak tahu tentang pengalihan pengiriman masker di bandara Bangkok, yang harusnya dikirim ke Jerman, tapi akhirnya dikirim ke AS. Ini adalah respon atas tudingan bahwa AS telah membajak pengiriman masker yang dipesan Jerman dari China.

"Pemerintah AS tidak mengambil tindakan apa pun untuk mengalihkan pasokan 3M yang ditakdirkan ke Jerman dan kami juga tidak memiliki pengetahuan tentang pengiriman semacam itu," kata juru bicara kedubes AS di Bangkok, Jillian Bonnardeaux.

"Kami tetap khawatir tentang upaya yang meluas untuk membagi upaya internasional melalui kampanye disinformasi tanpa sumber, tanpa kontribusi," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/4/2020).

Media Jerman, Der Tagesspiegel melaporkan, muatan masker respirator yang dipesan oleh Berlin dari China telah "dicegat" oleh AS dan dialihkan untuk negara yang disebut terakhir. Laporan tersebut mengutip sumber yang berada di lingkaran keamanan Jerman.

Menurut surat kabar itu, otoritas Berlin memesan masker pernapasan kelas FFP2 dan FFP3, yang melindungi layanan darurat dan staf perawat terhadap infeksi virus corona, dari perusahaan milik Amerika yang kapasitas pabrikannya berbasis di China.

Sementara itu, pihak berwenang Jerman tampaknya meminta bantuan perusahaan multinasional dan kontak mereka di luar negeri untuk membantu pengadaan peralatan pelindung.

"Kementerian kesehatan mengadakan pengadaan secara langsung, tetapi kami juga berhubungan dengan serangkaian perusahaan yang mungkin dapat membantu," kata juru bicara kementerian kesehatan negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4992 seconds (0.1#10.140)