Mesir Kecam Serangan Rudal Houthi ke Wilayah Saudi

Senin, 30 Maret 2020 - 20:52 WIB
Mesir Kecam Serangan Rudal Houthi ke Wilayah Saudi
Mesir Kecam Serangan Rudal Houthi ke Wilayah Saudi
A A A
KAIRO - Mesir mengecam keras dua serangan rudal balistik yang baru-baru ini diluncurkan oleh kelompok pemberontak Yaman, Houthi ke kota-kota di Arab Saudi, termasuk di dalamnya Riyadh. Serangan itu terjadi pada akhir pekan lalu.

"Pemerintah dan rakyat Mesir berdiri dalam solidaritas dengan rekan-rekan mereka di Saudi dan mendukung semua prosedur yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan stabilitas Saudi," kata Kementerian Luar Negeri Mesir, seperti dilansir Xinhua pada Senin (30/3/2020).

Sebelumnya diwartakan, pertahanan udara Saudi berhasil mencegat dua rudal balistik yang diluncurkan Houthi, pada Sabtu malam. Rudal-rudal tersebut menyasar Ibu Kota Riyadh dan Jizan.

“Dua warga sipil sedikit terluka karena jatuhnya puing-puing rudal yang dicegat ketika meledak di udara di atas distrik perumahan di Riyadh," bunyi laporan kantor berita Saudi, SPA, mengutip juru bicara pertahanan sipil Saudi, Letnan Kolonel Mohammed Al-Hammadi.

Sementara itu juru bicara koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki mengatakan, tidak ada korban jiwa yang dicatat dari pecahan bom yang jatuh di Riyadh, di pusat kerajaan, dan kota Jizan di barat daya, yang terletak di Laut Merah berbatasan langsung dengan Yaman.

Juru bicara itu menambahkan bahwa penembakan rudal itu menunjukkan ancaman nyata kelompok Houthi dan rezim Iran yang mendukungnya. Ia menambahkan bahwa eskalasi ini tidak mencerminkan pengumuman kelompok itu bahwa mereka menyambut gencatan senjata.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1055 seconds (10.55#12.26)